Kurangi Stress dengan Teknik Pernafasan yang Baik

Date : 05 Nov 2015

Kalau sedang berada dalam situasi panik dan stress, pasti kamu sering mendengar kata "Tenang, tarik nafas terlebih dahulu", ternyata hal ini bersifat harafiah lho Glydies! Karena kamu bisa mengurangi tingkat stress atau pusing kamu dengan teknik bernafas yang benar. Banyak cara untuk mengurangi stress Glydies, salah satunya dengan teknik pernafasan ini, sehingga perasaan dan pikiran menjadi lebih baik. Berikut ini adalah teknik pernafasan untuk mengurangi kadar stress yang harus kamu coba..

Bernafas Menggunakan Perut
Bernafas dengan menggunakan perut bermanfaat untuk mengoptimalkan oksigen yang masuk dan juga karbondioksida yang keluar. Hal ini membuat jantung bekerja lebih lambat dan menimbulkan relaksasi untuk tubuh kamu. Ketenangan akan kamu temukan saat kamu menghela nafas secara dalam melalui perut. Kalau mau lebih efektif, taruh tangan kamu di perut selagi menarik nafas, dan hembuskan secara perlahan. Dijamin kamu akan merasa lebih lega, dan tenang.

Bernafas Melalui Hidung
Tuhan menciptakan sebuah hidung pasti ada manfaat tersendiri. Nah salah satunya untuk bernafas lebih baik. Memang kamu bisa bernafas dengan menggunakan mulut, tapi tau nggak sih kalau ternyata bernafas melalui hidung membuat kamu mendapatkan udara lebih banyak, dan langsung menuju paru-paru dengan cepat. Itulah sebabnya para ahli kesehatan atau dokter selalu menganjurkan bernafas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Selain itu, bernafas melalui hidung membuat sirkulasi pernafasan dan darah menjadi lebih lancar. Jadi, biasakan bernafas melalui hidung ya Glydies!

Tarik Nafas Dalam-dalam
Tidak hanya bernafas seperti biasanya, tetapi kamu sesekali harus menarik nafas secara dalam, dan menghela-nya secara perlahan. Ini juga merupakan salah satu terapi yang manjur untuk menenangkan hati dan pikiran. Teknik breathing deeply seperti ini dapat menstimulasi rasa nervous atau canggung sehingga menjadi lebih tenang. Selain itu, bernafas dalam-dalam bisa melepaskan rasa bahagia dan wellbeing. Dengan bernafas secara dalam juga akan memasukkan oksigen yang cukup banyak ke dalam juga dapat meningkatkan stamina dan semangat. Tarik nafas dalam-dalam sampai lo tidak bisa bernafas, tahan sebentar, lalu buanglah secara perlahan melalui mulut. Lo pasti akan merasa lebih baik.

Biasakan dengan Latihan
Bernafas adalah suatu intuisi yang secara otomatis dilakukan oleh tubuh kita. Kadang pastinya kamu tidak menyadari kalau cara bernafas kamu salah. Setiap pagi ada baiknya berlatih untuk bernafas yang benar secara teknik, agar tubuhmu juga lebih terbiasa akan hal itu.

SITEMAP