Nutrisi Makanan untuk Diet Sehat Sesuai Usia

Date : 23 Jun 2015

Semakin bertambahnya usia, ketertarikan, prioritas, dan perubahan kebiasaan makan jadi berubah. Jadi sudah seharusnya Glydies memperhatikan nutrisi makanan yang masuk dalam tubuh. Pertambahan usia juga membuat kondisi tubuh berubah dan mengalami penurunan fungsi organ internal. Mudah lelah, rentan penyakit, dan perilaku pilih-pilih makanan pasti akan dipilih wanita yang usianya terus berlanjut.

Tapi dengan bertambahnya usia, bukan berarti Glydies tidak memperhatikan kebugaran tubuh. Dengan pola makan dan cara diet yang tepat Glydies bisa tetap sehat dan bugar di umur 30 sampai 60 tahun. Ahli nutrisi dari Mumbai, Rizwana Biviji, memberikan tips dan ajuran untuk diet sesuai usia seperti dikutip dalam situs woman lifestyle, iDiva. Yuk cek apa saja makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara seimbang dan teratur!

Usia 20-30 tahun

Kehidupan Glydies terjadi di rentang umur 20 - 30 tahun, dan makan makanan sehat sudah jadi keharusan yang dimasukkan dalam daftar priorotas hidup sehat. Penelitian dari The National Diet and Nutririon Survey, berpendapat bahwa wanita di umur ini sering mengabaikan pola makan sehat, sedangkan hanya 4% saja wanita berumur 19-24 tahun yang memperhatikan kesehatan dengan makan buah dan sayuran lima kali sehari. Di umur 20 tahun dan selanjutnya sangat membutuhkan nutrisi tulang untuk memperkecil resiko osteoporosis.

Apa yang harus dikonsumsi?

Kalsium: untuk mencukupi kebutuhan kalsium, Glydies perlu mengkonsumsi kombinasi makanan: 200ml susu murni, yoghurt, dan 30g keju. Untuk solusi lain, ganti dengan sayuran yang kaya kalsium seperti brokoli, bayam, biji-bijian, dan produk olahan kedelai seperti edamame dan tofu.

Serat: sarapan sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang membuat perut langsung penuh. Konsumsi sereal gandum atau bubur havermot dengan campuran sedikit susu rendah lemak dan buah jeruk atau strawberry.

Baca juga : Sarapan Sehat Rendah Kalori Pancake Oatmeal Sayurani

Rendah sodium (garam): anjuran untuk orang dewasa mengkonsumsi garam dalam sehari adalah sebanyak kurang dari 6gr (untuk anak-anak, di bawah 6 gr). Saat memasak, usahakan ganti bumbu-bumbu yang mengandung garam dengan bawang putih, merica hitam, cabai, jus lemon, dan rempah-rempah.

Usia 40 tahun

Di usia ini, kebanyakan wanita mulai memperhatikan pola makan sehatnya dengan diimbangi exercise untuk membantu pembakaran lemak. Saat menginjak umur 40 tahun tubuh sangat membutuhkan nutrisi makanan sehat dan exercise yang rutin. Tapi penyakit yang rentan mendatangi tubuh berusia 40 tahun harus lebih diperhatikan seperti serangan jantung, alzheimer, katarak, dan kanker.

Apa yang harus dikonsumsi?

Antioksidan: buah dan sayuran berwarna terang sangat penting untuk kebutuhan antioksidan dalam tubuh. Pastikan yang makan dalam takaran lima porsi dalam sehari.

Zat besi: daging sapi yang segar dan bagian hatinya adalah nutrisi terbaik untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh, jadi cobalah untuk makan daging sapi minimal dua kali dalam seminggu dengan porsi yang tidak berlebihan, cukup 100gr saja. Ingin pengganti daging? Glydies hanya perlu sayuran seperti bayam, brokoli, asparagus, dan buncis.

Usia 50 tahun

Masalah saat menjelang usia 50 tahun yang harus Glydies perhatikan adalah kolesterol, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Diet yang paling pas untuk dilakukan wanita usia 50-an adalah makanan rendah lemak dan rendah glukosa (gula). Memakan sayuran dan buah adalah cara terbaik untuk mencegah semua penyakit tersebut. Omega-3 juga sangat dibutuhkan sebagai nutrisi utama.

Apa yang harus dikonsumsi?

Mediterranian Diet: baiknya dari jenis diet ini adalah Glydies harus menekan makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Pada dasarnya Mediterranian Diet hanya mengandalkan buah dan sayuran segar untuk dikonsumsi. Konsumsi juga ikan salmon dan kacang kenari sebagai selingan makanan di samping buah dan sayur.

Lemak: Glydies tahu di usia ini energi tubuh menurun, jadi jangan terlalu memaksakan diri membakar lemak dengan exercise yang keras dan rutin setiap hari. Cukupi nutrisi makanan rendah lemak seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Phytoestrogens: makanan dengan olahan kacang kedelai seperti susu kedelai, yoghurt kedelai, tofu, dan miso dapat membantu mengurangi mual saat menjelang menopause. Dengan makan olahan kedelai sebanyak 25gr per hari dapat mengembalikan tekanan darah kembali normal.

Nggak sulit kan untuk memulai diet sehat sesuai usia? Apapun makanan sehat yang masuk ke mulut dan diproses oleh organ di perut, tetap jadikan air putih sebagai mineral terbaik untuk mencukupi kebutuhan dietmu. Kalau dietmu sudah mendapatkan tubuh yang indah tapi masih tersisa garis halus di sekitar perut dan paha, tepis dengan krim khusus bukan lotion biasa. Ya, Glyderm krim yang punya senjata Triderm Actives terbukti efektif secara dermatologis memelihara elastisitas kulit dan mengurangi tampilan stretch marks. Kalau Glydies masih sayang dengan tubuh sendiri, yuk mulai jalani sekarang untuk hidup lebih sehat dan seimbang!

SITEMAP