Hidup Sehat dengan Lima Gerakan Yoga Sederhana

Date : 23 Jun 2015

Setuju nggak dibalik segudang aktifitas yang Glydies jalani, sebenarnya kamu butuh waktu untuk rileks dan tenang sejenak. Olahraga apa yang tepat untuk meredakan stress dan mengembalikan ketenangan? Ya, yoga adalah jawaban paling tepat. Glydies yang sudah terbiasa melakukan yoga tentu sudah merasakan manfaat kesehatan. Untuk Glydies yang baru memulai, kamu akan merasakan manfaat yoga seperti menjaga kekuatan otot, keseimbangan badan, dan kelenturan tubuh. Harvard Medical School Mental Health Letter, membuktikan bahwa gerakan-gerakan yoga dapat membantu mengurangi rasa cemas dan gejala penyakit kronis lebih baik dibandingkan terapi tradisonal lainnya.

Nah untuk Glydies yang masih pemula, ikuti lima gerakan yoga sederhana ini di rumah dan praktekkan dengan rutin setiap pagi hari!

Baca juga :Kurangi Stress dengan Teknik Pernafasan yang Baik

Pigeon: meredakan nyeri punggung

Gerakan yang dikenal dengan nama Kapotasana dilakukan dengan alat bantu kursi dengan maksud untuk memudahkan gerakan melengkungkan tubuh ke belakang (backbend). Gerakan ini dimulai dengan duduk menghadap sandaran kursi lalu meletakkan kaki di lantai. Saat memegang kursi dan bersandar ke belakang, kamu bisa menggeser panggul ke depan. Gerakan pigeon bisa mengurangi nyeri punggung dengan cara meletakkan telapak tangan dan telapak kaki di lantai tapi tidak bersentuhan.

Legs-up-the-wall: kesehatan jantung

Gerakan yang memiliki nama lain Viparita Karani ini bisa meredakan stress yang Glydies alami dan baik untuk kesehatan jantung. Bagaimana cara melakukannya? Kamu cukup duduk di lantai dengan satu sisi tubuh menempel ke tembok lalu naikkan kaki sampai menempel ke tembok dan jatuhkan kepala perlahan ke lantai hingga bokong juga menempel ke tembok. Lalu letakaan kedua tangan di samping tubuh. Rileks dan bernafaslah dalam-dalam selama 1-5 menit.

Baca juga : Kurangi Stress dengan Teknik Pernafasan yang Baik

Seated spinal twist: menurunkan berat badan

Untuk Glydies yang sedang dalam program diet, gerakan ini sangat pas karena dapat menurunkan berat badan. Lakukanlah dengan cara duduk tegak lalu mengangkat kaki dan bawa ke samping dengan menahannya pakai satu tangan. Bagian paha sampai kaki yang kamu putar ke samping dapat mengencangkan tubuh bagian paha, perut, dan lengan.

Goddess Pose: mengurangi insomnia

Gerakan yoga ini dapat mengurangi insomnia yang sering terjadi saat Glydies merasa stress dan terlalu lelah beraktifitas sehingga membuat tubuh sulit untuk tidur rileks. Gerakan ini membantu melancarkan peredaran darah dengan cara berbaring sambil menaruh kedua tangan di samping tubuh dan satukan kedua telapan kaki. Dengan memejamkan mata tidurmu pun akan semakin nyenyak.

Headstand against the wall: meredakan cemas.

Gerakan yoga dengan kepala di bawah ini akan membantu Glydies mengatur pernafasan sehingga perasaan cemas dan depresi yang berlebihan akan berkurang karena kamu akan lebih berkonsentrasi dengan gerakan yoga yang dilakukan.

Eits ada satu yang hampir ketinggalan tapi sangat penting! Usahakan pakaian untuk yoga harus berbahan stretch (elastis) agar nyaman saat melenturkan tubuh. Kalaupun Glydies malu menggunakan jenis sport apparel seperti sport bra, sekarang sudah bukan waktunya untuk menutupi kekuranganmu hanya karena stretchmark. Tepis si garis-garis halus dengan Glyderm, krim dengan kandungan Triderm Actives: shea butter, almond oil, dan centela asiatica yang membantu menyamarkan tampilan stretchmark. Percantik tubuh dari dalam dengan yoga dan dari luar dengan Glyderm. Happy healthy yoga, Glydies!

SITEMAP